Rabu, 24 Februari 2016

DOWNLOAD MODUL / DIKTAT GRAFIKA KOMPUTER (KOMPUTER GRAFIK)

Grafika komputer merupakan salah satu bidang ilmu komputer yang berhubungan dengan pembuatan dan manipulasi gambar, grafik, atau citra realistik secara digital untuk keperluan seni, game komputer, foto dan animasi komputer. Grafika komputer 2 Dimensi merupakan bentuk paling sederhana dari grafika komputer, kemudian dilanjutkan dengan grafika komputer 3 Dimensi, image processing dan pattern recognition.

Perkembangan grafika komputer sebenarnya telah ada sejak dahulu kala, yaitu ketika bangsa Mesir, Roma dan Yunani berkomunikasi secara grafik. Beberapa lukisan yang terdapat pada batu nisan orang mesir dapat disebut sebagai lukisan teknik.
Berikut kami jabarkan fase-fase yang ada pada grafika komputer:
  1. Fase Pertama (Tahun 1950) Era grafika komputer interaktif. Pada fase ini dapat dikatakan tidak begitu cepat dikarenakan teknologi, jumlah dan harga komputer yang dirasa masih cukup mahal. Salah satu ciptaan yang berhasil dikembangkan pada periode ini adalah komputer whirlwind yang telah menggunakan tabung sinar katode (CRT). Pada fase ini, pena cahaya (light pen) sudah mulai digunakan untuk memilik posisi, menunjuk sesuatu serta menggambar pada layar dengan pendeteksian cahaya yang dating dari titik-titik pada layar tabung sinar katode.
  2. Fase Kedua (Tahun 1960) Era Penelitian/Riset Grafika Komputer Interaktif. Ivan Sutherland merupakan salah satu tokoh penting dalam perkembangan grafika komputer di era ini, ia berhasil menemukan Grafika Interaktif Modern yang merupakan cikal bakal teknik interaktif yang menggunakan sarana seperti keyboard dan light pen. Pada era ini, sejumlah proyek penelitian dan produk-produk seperti Computer Aided Design/Manufacturing (CAD/CAM) telah bermunculan.
  3. Fase Ketiga (Tahun 1970). Pada era ini, Grafika Komputer Interaktif telah dipakai dalam sektor industry, pemerintah dan para llmuan yang berguna untuk memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan gampang.
  4. Fase Keempat (1980-1990). Penggabungan dan Pengotomatisasian dari berbagai unsur desain dan pemodelan pejal merupakan titik tumpu pada periode ini. Adapun teknologi yang berperan penting adalah Teknologi Hibrid. Ia merupakan teknologi yang berfungsi untuk menggabungkan objek pejal dengan permukaan
Peranan Grafika Komputer
Seperti kita ketahui, Grafika Komputer telah menunjukkan perkembangan yang sangat pesat dalam berbagai aplikasi yang berguna menghasilkan gambar. Walaupun pada awalnya aplikasi dalam sains dan engineering memerlukan peralatan yang mahal, perkembangan teknologi komputer memberikan kemudahan penggunaan komputer sebagai alat bantu aplikasi grafik komputer interaktif. Pada saat ini, grafika komputer telah dipakai di berbagai bidang ilmu pengetahuan, teknik, kedokteran, industry, bisnis dan lain lain.

Untuk lebih jelasnya, berikut telah kami rangkum beberapa kegunaan dari Grafika Komputer dalam berbagai bidang:
  1. Bidang Hiburan. Berfungsi dalam membantu pembuatan film, dengan adanya grafika komputer maka efek-efek animasi yang bagus dapat ditambahkan sehingga menjadikan film lebih menarik untuk ditonton.
  2. Bidang Perancangan. Dengan bantuan grafika komputer, kita dapat merancang suatu objek secara mudah dan lebih spesifik dengan menggunakan perangkat lunak grafik seperti AutoCAD dan 3DS MAX. Selain itu, penggunaan software grafik tersebut akan menekan tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sangat mirip aslinya.
  3. Bidang Pendidikan. Grafika komputer dalam dunia pendidikan biasa digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, misalnya melalui powerpoint dan lain-lain.

Bagian-bagian dari Grafika Komputer :
Adapun bagian-bagian dari grafika komputer adalah sebagai berikut:
  1. Geometri. Merupakan bagian yang mempelajari suatu cara menggambar permukaan bidang tertentu.
  2. Animasi. Merupakan bagian yang mempelajari cara-cara menggambar suatu objek dan juga memanipulasi gerakan objek tersebut.
  3. Rendering. Merupakan bagian yang mempelajari tentang algoritma dalam menampilkan efek-efek cahaya.
  4. Citra. Merupakan bagian yang mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan suatu gambar

Demikianlah sedikit informasi mengenai grafika komputer, anda dapat mempelajarinya lebih dalam dengan mendownload modul/ebook/diktat yang telah kami sediakan dibawah ini.


Untuk mendownload ebook/modul/diktat grafika komputer, silahkan klik link download dibawah ini:

Judul : Grafika Komputer
Bahasa : Indonesia
Penulis : Irfan Maliki, S.T
(DOWNLOAD)

Judul : Grafika Komputer
Bahasa : Indonesia
Sumber : -
(DOWNLOAD)

Judul : Modul Grafika Komputer
Bahasa : Indonesia
Penulis : Dr. Setiawan Hadi
(DOWNLOAD)

Judul : Modul Praktikum Grafika Komputer
Bahasa : Indonesia
Penulis : -
(DOWNLOAD)


Demikianlah postingan mengenai modul grafika komputer ini, semoga dapat membantu dalam memahami dan mempelajarinya secara lebih dalam . Terima kasih telah berkunjung!

Tag : Download Ebook Modul Diktat Grafika Komputer Bahasa Indonesia Terbaru dan Terlengkap Bahasa Indonesia

Referensi Artikel :
https://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer
https://pebrilianalitha.wordpress.com/2015/01/22/pengertian-grafik-komputer-dan-pengolahan-citra/
http://www.terraligno[Pustaka Ilmu Pemrograman]
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

close
Copyright © Tutorial Pemprograman Pemula | Powered by Pogrammer Area